Cari Harga Saham Murah Versi Ibu Rumah Tangga

Senin, 29 Agustus 2022. 10:23 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

Ditulis oleh : Lathif Arafat A


 

Ibu rumah tangga adalah bendahara terbaik dalam mengatur keuangan dalam keluarga. Mulai dari menyiapkan anggaran belanja bulanan, Investasi pendidikan anak di masa depan dan tabungan untuk sosial dan force majure (kebutuhan medadak). Semua dipersiapkan oleh yang kita sebut “Ibu”.

Contoh kecilnya, dalam kebutuhan rumah tangga, ibu akan mencari harga barang paling murah harganya dari beberapa penawaran toko, minimarket maupun supermarket, dan tentunya selektif dengan kualitas barang yang “BAGUS” tapi “MURAH dan bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin.

Tentunya dalam menyiapkan investasi pendidikan anak, Ibu tentunya akan berinvestasi jangka panjang agar nilai uangnya “tidak digerogoti oleh Inflasi”. Di Era Digitalisasi ini, ibu rumah tangga wajib mengenal apa itu investasi saham, milihnya gimana?

Gampang! Pakai rasio dua keuangan yaitu PER dan PBV, Mencari harga saham murah dengan harga wajar sederhana versi Warrent Buffet.

Dalam basic course, web book Warrent Buffet (WB). Ada tips cara menghitung cepat dengan sederhana bagaimana mencari perusahaan yang berada di bawah harga wajar (undervalue).

Tentunya sebelum menghitung nilai ini, seorang investor sudah melakukan analisa, pengamatan, atau observasi mengenai produk bisnis saham tersebut akan berkembang dan terpakai 2 atau 5 tahun kedepan.
 

WB mengajarkan cara cepat menghitung harga wajar dengan cara

PER x PBV < 22.5

Contoh  Saham XYZ

PER 11x

PBV 1,2x

Maka  11x 1,2=  13,2, berati < 22,5 berarti saham XYZ undervalue


Referensi : https://www.buffettsbooks.com/how-to-invest-in-stocks/basic-course/lesson-5/

 

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Artikel Menarik Lainnya: