Permintaan Naik, Kinerja Champion Pacific (IGAR) Terganjal HET Obat

PT Champion Pacific Indonesia Tbk (IGAR) menyebut saat ini permintaan kemasan khususnya untuk obat penanganan Covid-19 termasuk vitamin di dalamnya tengah melambung. Kendati tak merinci, tetapi Bisnis mencatat sejumlah produsen obat saat ini memang tengah meningkatkan produksi guna memenuhi permintaan masyarakat. 
Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia pun pernah menyebut kenaikan permintaan obat dan vitamin dalam gelombang kedua Covid-19 sudah mencapai lima kali lipat dari kondisi sebelumnya.
Presiden Direktur Champion Pacific Indonesia Antonius Muhartoyo mengatakan tahun ini, IGAR mematok target pertumbuhan 10,24 persen dengan total penjualan mencapai Rp819 miliar. "Growth itu diharapkan bisa tercapai bila harga naik ya, tetapi Pemerintah sudah menerapkan HET obat sehingga harga kemasannya juga tidak bisa naik," katanya.
Padahal Antonius menyebut bahan baku kemasan saat ini sudah mengalami peningkatan. Alhasil, harga jual belum dapat ditingkatkan guna mengimbangi harga obat yang telah memiliki ketentuan harga bahkan penurunan harga.

Sumber: Bisnis

Share this Post