Berikut proyeksi nilai dan harga rights issue Bank Rakyat Indonesia (BBRI)

Rencana pembentukan holding ultra-mikro di bawah PT Bank Raykat Indonesia Tbk (BBRI) dengan pengambilalihan Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PNM) diperkirakan akan memberikan sinergi yang positif.
Head of Research PT Samuel Sekuritas, Suria Dharma dalam risetnya mengungkapkan, pengambilalihan akan dilakukan pada 1,75x PBV yang dianggap fair. Di sisi lain, inbreng pemerintah dilakukan pada nilai pengambilalihan sebesar Rp 54,8 triliun. Dengan kata lain, total nilai rights issue BBRI bisa mencapai Rp 95,6 triliun. Mengingat besarnya rencana rights issue ini, maka untuk jangka pendek diperkirakan akan ada tekanan terhadap harga saham BBRI karena bobotnya yang tinggi di portfolio investor maupun IHSG.
BBRI akan mengadakan rights issue dengan menerbitkan saham baru sebanyak 28,68 miliar atau setara dengan 23,25% modal disetor saat ini. Dengan target total nilai rights issue Rp 95,6 triliun, maka menurut hitungan Kontan.co.id, harga rights issue BBRI bisa berada di sekitar Rp 3.334 per saham. Dengan adanya rights issue ini, kapitalisasi pasar BBRI berpotensi mendekati atau melebihi Rp 600 triliun.

Sumber: Kontan

Share this Post