Waskita Lanjut Jual Aset Tol, Target Pangkas Beban Utang Rp 23 Triliun

Jumat, 26 Mei 2023. 15:31 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana melakukan divestasi atau pelepasan  kepemilikan ruas jalan tol milik PT Waskita Karya Tbk (WSKT). Namun demikian, rencana itu akan dilakukan secara bertahap dengan melihat kondisi pasar.

Rencananya, divestasi akan dilaksanakan hingga 2025. Erick menyebut divestasi ini untuk menutup utang Waskita. Catatan Katadata, utang Waskita Karya per kuartal I 2023 didominasi utang jangka panjang dengan nilai Rp 63,1 triliun, sedangkan utang jangka pendeknya Rp 21,2 triliun. Dari seluruh utang jangka pendeknya, terdapat utang obligasi bersih yang akan jatuh tempo dalam satu tahun dengan nilai Rp 5,2 triliun.

Erick mengatakan, divestasi pada ruas tol lainnya masih dalam penjajakan. Erick optimis pelepasan ini akan diminati investor, sebab pertumbuhan ekonomi Indonesia yang masih positif. Dalam rangka mengurangi utang perseroan, perusahaan mengurangi porsi utang atau dekonsolidasi. Sehingga level utang akan menurun, di mana pada 2025 perseroan menargetkan dekonsolidasi utang sebesar Rp 23 triliun.


Sumber: Katadata

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Halaman menarik lainnya: