Telkom (TLKM) Gelontorkan Rp 3,5 Triliun untuk Bangun Satelit Merah Putih 2

Rabu, 21 Februari 2024. 15:09 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) bersama anak usahanya Telkomsat resmi meluncurkan Satelit Merah Putih 2 dengan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau yang juga dikenal dengan broadband satelit. 

Satelit Merah Putih 2 dengan memiliki hingga 32 Gbps ini akan membawa transponder aktif yang terdiri dari frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia. 

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rau menjelaskan penggabungan Satelit Merah Putih 2 dibuat oleh perusahaan manufaktur asal Prancis, yakni Thales Alenia Space dan membutuhkan waktu sekitar dua tahun yang dimulai dari 2021.  

Sementara investasi yang Telkom lakukan satelit Merah Putih 2 ini untuk total sistem dari satelit dan ground segment mencapai Rp 3,5 triliun. Satelit ini menggunakan platform Spacebus 4000B2 dengan usia desain 15 tahun yang dipabrikasi oleh Thales Alenia Space sebagai kontraktor utama dan bertanggung jawab pada fase lunch and early orbit phase (LEOP) hingga fase in-orbit (IOT). 


Sumber: Kontan

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Halaman menarik lainnya: