Produksi CPO Dharma Satya Nusantara (DSNG) Meningkat 17 Persen Sepanjang 2022

Senin, 30 Januari 2023. 14:32 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) mencatatkan kenaikan produksi Crude Palm Oil (CPO) di sepanjang tahun 2022. Pihaknya menilai, peningkatan tersebut menunjukkan kembalinya pola produksi normal, setelah dua tahun berturut-turut mengalami penurunan akibat dampak lanjutan El-Nino. 

Produksi CPO DSNG meningkat 17% menjadi 640.000 ton dibandingkan produksi pada tahun 2021. Total produksi Tandan Buah Segar (TBS) perseroan juga tercatat mencapai 2,2 juta ton atau lebih tinggi 14% dari tahun sebelumnya, dengan yield kebun inti yang mencapai 22 ton per hektar.

Direktur Utama DSNG Andrianto Oetomo mengungkapkan produktivitas kebun DSNG saat ini sudah menunjukkan gejala pemulihan, yang ditandai dengan peningkatan produksi TBS sejak semester kedua tahun 2022. Meskipun demikian, DSNG tetap mengantisipasi kemungkinan dampak curah hujan yang tinggi di tahun 2023 yang dapat berpengaruh pada tingkat ekstraksi maupun level Free Fatty Acid (FFA). Pihaknya mencatat, sepanjang tahun 2022 OER kebun DSNG 22,76%, dengan tingkat FFA di atas 3% akibat tingginya curah hujan yang menghambat proses transportasi TBS dan CPO.

Memasuki tahun 2023, DSNG berencana melakukan ekspansi dengan membangun satu Pabrik Kelapa Sawit (PKS) baru di Kalimantan Barat, berkapasitas sebesar 30 ton TBS per jam. Pembangunan PKS ini akan dimulai pada kuartal II-2023 dan diperkirakan akan siap beroperasi pada 2025.


Sumber: Kontan

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Halaman menarik lainnya: