Ekspansi Kabel Fiber, Berikut Prospek Kinerja Tower Bersama (TBIG) di 2023

Selasa, 21 Maret 2023. 07:48 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

Kinerja saham PT Tower Bersama Infrastucture Tbk (TBIG) tahun 2023 diprediksi lebih positif, menyusul perluasan menara dan kabel fiber yang lebih agresif dan penerapan 5G yang lebih cepat.

Analis Trimegah Securities Richardson Raymond mengatakan, TBIG mengakuisisi 2.500 menara dari PT Indosat Tbk (ISAT) pada 2 Agustus 2012 dalam perjanjian sewa selama 10 tahun dan tak dapat dibatalkan. Perjanjian itu diperbarui pada bulan Agustus 2022 dan kedua pihak telah menyetujui persyaratan komersial baru. Sehingga, perpanjangan kontrak di antara keduanya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Pada kuartal ketiga 2022, pendapatan TBIG dari ISAT berkurang 10,7% QoQ. Hal ini menyiratkan adanya penurunan dari harga awal. Selain itu, ISAT saat ini juga masih dalam proses rasionalisasi lokasi, yang diharapkan selesai pada kuartal pertama 2023. Pada kuartal ketiga 2022, pendapatan TBIG pada kabel fiber meningkat sebesar 756,3% YoY, dari Rp 2,86 miliar menjadi Rp 24,5 miliar.

Meskipun TBIG belum mengumumkan ukuran aset kabel fiber milik mereka, tetapi peluang penambahan akuisisi kabel fiber akan terjadi di masa mendatang. Richardson melihat, langkah tersebut sangat positif. Sebab, bisnis kabel fiber akan berkembang di masa mendatang. Menurut dia, operator akan mengembangkan jaringan 4G dan 5G lanjutan dalam 3-4 tahun, sehingga kabel fiber diperlukan untuk mengurangi masalah latensi rendah.


Sumber: Kontan

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Halaman menarik lainnya: