Bank Jago (ARTO) Andalkan BFI Finance (BFIN) Pacu Pembiayaan

Senin, 20 Maret 2023. 14:16 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

PT Bank Jago Tbk (ARTO) berencana memperbesar penyaluran pembiayaan kredit bersama dengan PT BFI Finance Tbk (BFIN). 

Strategi ini disebut menjadi salah satu andalan Bank Jago untuk mendongkrak penyaluran kredit pada 2023. Analis MNC Sekurita Tirta Citradi mengatakan manajemen Bank Jago memiliki arah untuk meningkatkan penyaluran kredit dengan skema joint financing dengan BFI Finance.

Joint financing antara BFI Finance dan Bank Jago telah berjalan sejak tahun lalu dengan fasilitas pembiayaan bersama senilai Rp300 miliar. Porsi fasilitas pinjaman yang akan disalurkan untuk konsumen dari masing-masing pihak berkisar 10 persen dari BFI Finance dan 90 persen dari Bank Jago. Sebagian fasilitas ini telah disalurkan menjadi pembiayaan ke konsumen dengan outstanding Rp103 miliar pada akhir 2022.

Sementara itu, Analis Ciptadana Sekuritas Asia, Erni Marsella Siahaan, mengatakan kolaborasi pembiayaan dengan BFIN akan menjadi salah satu dari tiga saluran penyaluran kredit Bank Jago pada tahun ini. Kedua saluran lainnya adalah kolaborasi pembiayaan dengan GoTo Financial dan pembiayaan syariah yang sebagian besar berasal dari kolaborasi dengan platform digital Amaan. 

Ketiga saluran ini akan menjadi kunci karena tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan pinjaman yang lebih solid dan berkualitas, juga untuk pencapaian net interest margin (NIM) yang lebih menjanjikan. Hingga akhir 2022, Bank Jago telah menyalurkan kredit dan pembiayaan syariah sebesar Rp9,43 triliun, tumbuh 76 persen secara year on year. Rasio kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) gross di level 1,8 persen atau di bawah rata-rata industri perbankan.


Sumber: Bisnis

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Halaman menarik lainnya: