Astra Agro Lestasi (AALI) Alokasikan Belanja Modal Rp 1,5 Triliun pada Tahun Ini

Senin, 19 Februari 2024. 10:49 WIB - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 1,5 triliun di tahun 2024.

Direktur Utama Astra Agro Lestari, Santosa mengatakan, sebagian besar dari dana capex yang dialokasikan pada tahun ini bakal digunakan sebagai modal untuk peremajaan tanaman sawit atau replanting dan perawatan tanaman yang belum menghasilkan (TBM). 

Menurut dia, replanting yang terukur itu memang harus dilakukan agar tidak terjadinya eksesif, sekaligus untuk menjaga agar stabilitas produksi kelapa sawit tetap terjaga dan tidak ambles. Selain itu, Santosa menuturkan bahwa replanting tersebut akan menyasar pada tanaman sawit dengan yield rendah. Untuk diketahui, istilah yield merujuk pada perhitungan produktivitas tanaman kelapa sawit per satu hektare per periode tertentu.

Adapun pada tahun 2022, yield Tandan Buah Sugar (TBS) AALI sekitar 16 ton per hektare, sementara pada tahun 2023 mengalami peningkatan menjadi 17 ton per hektare. 

Program replanting perkebunan sawit juga bertujuan untuk menstabilkan produksi perusahaan yang stagnan dan kerap kali mengalami penurunan akibat usia tanaman kelapa sawit yang semakin tua. Replanting membutuhkan waktu minimal 3 tahun. Astra Agro Lestari memiliki total 210.000 hektare perkebunan sawit.

Tak hanya itu, Santosa mengatakan, dalam stabilisasi produksi di tengah siklus replanting, AALI juga mengandalkan pembelian TBS dari kebun plasma dan petani mitra di sekitar lokasi kebun. Adapun perbandingan produksi dari kebun inti dengan TBS dari eksternal mencapai 50:50.


Sumber: Kontan

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Halaman menarik lainnya: