Arkora Hydro (ARKO) Kucurkan Pinjaman ke Anak Usaha Rp 20 Miliar

2024-04-19 08:13:40 - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

JAKARTA, investortrust.id – Entitas Grup Astra, PT Arkora Hydro Tbk (ARKO) mengucurkan bantuan modal kepada anak usahanya, PT Nosu Hydro (Nosu). Bantuan diberikan dalam bentuk pemberian pinjaman sebesar Rp 20 miliar.

 

Direktur Utama PT Arkora Hydro Tbk Aldo Artoko mengatakan, pinjaman modal tersebut akan digunakan oleh Nosu untuk modal kerja, khususnya proyek baru yang akan dikerjakannya.

 

“Nosu merupakan anak usaha Perseroan dengan status kepemilikan langsung,” kata dia dikutip dari laporan keterbukaan informasinya. Adapun penandatangan pemberian fasilitas pinjaman dilakukan, Kamis (18/4/2024).

 

Lebih lanjut, keduanya sepakat pinjaman tersebut memiliki tarif bunga sebesar 6,5%, dengan jangka waktu selama 8 tahun sejak tanggal operasi komersial pembangkit listrik tenaga air.

 

Dalam keterbukaan informasi ini, Perseroan menyampaikan adanya hubungan afiliasi antara Perseroan dan Nosu, terlihat dari kepemilikan saham dan kesamaan pengurus pada saat dilakukan transaksi di mana kepemilikan saham PT Nosu Hydro yaitu Perseroan 99% dan AP sebesar 1%.

 

Selain itu terdapat kesamaan Pengurusan Perseroan yaitu Direktur Utama Perseroan Aldo Henry Artoko sekaligus merupakan Komisaris Nosu.

 

Sebelumnya, ARKO menggelar RUPS dan memutuskan untuk tidak membagikan dividen tahun buku 2023. Meskipun perseroan mencatatkan laba bersih senilai Rp 39,1 miliar. 

 

Tahun lalu, perusahaan ARKO tercatat membukukan penurunan laba bersih sebanyak 25,79% menjadi Rp 39,1 miliar pada 2023, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 2022 senilai Rp 52,66 miliar. 

 

Aldo Artoko mengatakan, perseroan mengalihkan perolahan laba bersih tahun lalu sebagai laba ditahan guna membiayai ekspansi perseroan ke depan. 

 

“RUPST memutuskan senilai Rp 2 miliar digunakan sebagai dana cadangan perseroan. Sisanya Rp 37,2 miliar akan digunakan sebagai laba ditahan untuk ekspansi,” kata Aldo melalui keterangan resmi dikutip Selasa, (2/4/2024).

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Berita Menarik Lainnya: