Sinar Mas dan Axiata Group Teken MoU Merger Smartfren (FREN) dan XL (EXCL)

2024-05-16 08:08:25 - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

JAKARTA, investortrust.id –  Sinar Mas melalui PT Wahana Inti Nusantara, PT Global Nusa Data, dan PT Bali Media Telekomunikasi menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Axiata Group Berhad terkait merger dan konsolidasi operasi PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL).

 

“Saat ini, seluruh proses berlangsung sesuai ketentuan dan regulasi yang diberlakukan pemerintah Indonesia. Kami berupaya agar kehadiran entitas baru hasil konsolidasi dapat memberikan manfaat tidak saja bagi para pemegang saham dan karyawan, namun juga khalayak pengguna serta industri telekomunikasi Indonesia pada umumnya,” Managing Director Sinar Mas Ferry Salman dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

 

Konsolidasi operasi, menurut Ferry, sejalan dengan strategi pengembangan portofolio bisnis pilar usaha Sinar Mas, yaitu proaktif membuka kesempatan memperoleh nilai tambah dari seluruh aktivitas bisnis yang dilakukan. 

 

Managing Director Sinar Mas Ferry Salman

 

“Sebagai bagian dari strategi ini, kami selalu mempertimbangkan berbagai opsi, termasuk konsolidasi, untuk mempercepat pertumbuhan serta keberlanjutan bisnis kami,” ujarnya.

 

Usai dirampungkan transaksi ini, dia mengatakan, entitas gabungan ini akan dikendalikan bersama sesuai dengan syarat tata kelola yang akan dibahas dan dirincikan. Entitas gabungan ini diharapkan memberikan pengalaman pelanggan yang unggul di sektor telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham melalui sinergi dari kombinasi operasi Smartfren dan XL. 

 

Ferry Salman menambahkan, para pemegang saham optimistis dan berkomitmen terhadap masa depan telekomunikasi di Indonesia. Sedangkan penyelesaian rencana transaksi tunduk pada penyelesaian uji tuntas yang memadai, negosiasi, perjanjian dan penandatanganan perjanjian definitif dan kondisi tertentu

 

Penyelesaian juga tergantung terhadap persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham masing-masing XL dan Smartfren. “Sinar Mas dan Smartfren tidak menjamin bahwa Rencana Transaksi akan selesai dan diimplementasikan,” terangnya.

 

Grafik Saham FREN dan EXCL

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Berita Menarik Lainnya: