Produksi Nikel Matte Vale Indonesia (INCO) Naik 18 Persen Sepanjang 2023

2024-02-12 07:53:34 - Bagikan ke Facebook Whatsapp Twitter

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) melaporkan kenaikan kinerja operasional sepanjang 2023. INCO memproduksi 70.728 metrik ton nikel dalam matte pada tahun 2023. Realisasi ini naik 18% dari produksi tahun 2022 yang hanya 60.090 ton nikel matte.

Kenaikan produksi merupakan hasil dari strategi pemeliharaan yang efektif serta peningkatan kinerja di area tambang dan pabrik pengolahan sepanjang tahun 2023. Hal ini mendorong produksi lebih tinggi secara triwulanan

INCO memperkirakan produksi nikel matte tahun ini ada di angka 70.000 ton. Angka ini tidak mengalami kenaikan dari estimasi produksi tahun lalu. 

Chief Financial Officer Vale Indonesia Bernardus Irmanto, menyebut, ada dua faktor yang menyebabkan produksi cenderung sama. Pertama, faktor tingkat pemeliharaan alat tambang, jumlah hari yang digunakan untuk pemeliharaan alat akan semakin banyak pada tahun ini. Tentu, hal ini akan berpengaruh terhadap ketersediaan alat produksi tambang.

Kedua, tingkat produksi juga memperhatikan grade nikel yang ada di area tambang yang berpengaruh terhadap output. Pihaknya berupaya agar pemeliharaan alat berjalan optimal sehingga tingkat utilisasi alat menjadi tinggi sehingga berdampak pada naiknya produksi di tahun mendatang. INCO juga mengupayakan untuk bisa mendapatkan bijih nikel dengan grade yang lebih baik sehingga output produksi menjadi lebih baik. 


Sumber: Kontan

Bagikan:

DISCLAIMER ON!

Pandangan diatas merupakan pandangan dari PanenSAHAM, dan kami tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang diterima oleh investor dalam bertransaksi. Semua keputusan ada di tangan investor

Berita Menarik Lainnya:
Whatsapp